NEWS
DETAILS
Kamis, 08 Jun 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Jok motor adalah tempat duduk bantalan atau bisa juga disebut pelana yang berfungsi menopang tubuh dan peredam guncangan. Umumnya, istilah jok digunakan pada tempat duduk bagi pengendara/pengemudi, maupun penumpang kendaraan bermotor.

Jok sebagai tempat duduk pengendara dan penumpang motor, sejatinya punya fungsi penting. Karena kenyamanan berkendara dapat dipengaruhi oleh kondisi jok. Untuk menjaga kenyamanan dan kondisinya, jok juga perlu diperhatikan perawatannya. 

Berikut tips merawat jok motor. Mau tahu? Simak ya?

Perhatikan Lokasi Parkir 

Kelemahan jok motor adalah paparan sinar matahari menyengat. Ini salah satu 'musuh'  utama dari jok. Sebab jok biasanya terbuat dari lapisan kulit. Dan bisa membuat cahayanya  memudar

Karenanya,  saat parkir wajib mencari tempat yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Atau jika  terpaksa parkir di luar gedung, selalu  sediakan  dan kenakan cover penutup jok yang dapat membantunya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Bukan cuma panas, air hujan pun bisa berdampak buruk bagi jok, karena membuat jok kaku bahkan robek. 

Selain efek cuaca, terdapat beberapa faktor lain yang dapat dengan mudah merusak jok motor seperti cakaran binatang pelihara  seperti kucing atau anjing. Serta gesekan dari motor lain di parkiran.

Barang Bawaan Bikin Kulit Lecet

Jok, bagian belakang kerap kita gunakan sebagai alat angkut barang bawaan. Terlebih bagi para kurir dan pegawai delivery. 

Nah, saat membawa barang dengan sudut runcing, jika jok tidak diberi alas, akan membuat kulit jok mudah tergores.

Jika barang yang dibawa dalam keadaan kotor atau  basah pastinya  juga berbahaya bagi jok motor 

Selain itu, barang bawaan  yangd itempel diboncengan ini perlu dipertimbangkan jumlahnya. Karena selain berbahaya bagi diri sendiri, muatan yang berlebihan dapat membahayakan pengendara lain.

Tidak Bisa Sering Dicuci

Uniknya,  merawat jok motor berbeda dengan  merawat bodi dan mesin motor. Pada jok motor  sebaiknya jangan terlalu sering dicuci dengan sabun. 

Karena ini  efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok yang permukaannya berpori. Hati-hati juga, jok yang sering terkena sabun pembersih juga bisa membuatnya cepat rusak atau robek. Untuk membersihkan jok, disarankan hanya dilap  dengan kain lap berbahan micro fiber dan air. 

Jika terdapat noda yang susah dihilangkan, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus yang aman terhadap kulit jok.

Jangan lupa selain sudah tahu cara merawat jok sendiri, tetap perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK