NEWS
DETAILS
Selasa, 18 Jul 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Oli berfungsi sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan pendingin mesin.  Dengan serangkaian fungsi itu terlihat betapa pentingnya  peran oli pada kendaraan

Karena itu perlu dilakukan perawatan ganti oli secara rutin. Jika tidak dilakuan pengantian oli secara rutin, akan menyebabkan dampak yang buruk pada mesin kendaraan. 

Mau tahu apa dampak buruk yang akan didapatkan pada mesin kendaraan jika oli telat diganti ?

Mesin jadi Kering 

Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin. Jika tidak diganti, maka akan menyebabkan mesin menjadi kering. Selain itu, akan terdapat kotoran yang bakal mengental. Sehingga mengakibatkan fungsinya menjadi pelumas tidak dapat bekerja dengan baik.

Apabila mesin tidak terlumasi dengan baik,  jelas kinerja mesin menjadi lebih berat. Karena terdapat gaya gesek yang lebih di dalam mesin. Dan mengakibatkan bagian dalam mesin menjadi rusak dan membuat kinerja mesin menurun. 

Panas Berlebihan 

Oli memiliki fungsi sebagai pendingin. Jika pergantian oli tidak rutin,  bisa menyebabkan mesin menjadi overheating dan mesin akan mengalami panas berlebihan. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menyebabkan kerusakan di sangat fatal dalam mesin dan bisa berdampak pada seluruh komponen di dalam mesin yang menyebabkan turun mesin. 

Boros BBM 

Mesin yang kering menyebabkan kinerja mesin menjadi lebih berat, sehingga membutuhkan tenaga lebih besar. Hal ini menyebabkan mesin membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Sehingga tidak mengganti oli menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros..

Gesekan & Getaran Pada Mesin

Oli memiliki fungsi sebagai pelumas. Jika tidak rutin diganti,  bisa menyebabkan oli jadi kental dan mesin jadi kering. Sehingga menimbulkan gesekan di dalam mesin menjadi lebih besar. Hal ini akan menimbulkan suara dan getaran pada mesin yang membuat tidak nyaman dalam berkendara.

Untuk informasi tambahan, untuk jadwal melakukan pergantian oli coba untuk melihat pada waktu penggantian terakhir oli atau jarak tempuh yang sudah mencapai 5000-10.000 km. 

Sedangkan untuk mengecek volume dan kualitas oli gunakanlah tongkat pengukur yang terdapat pada saluran pengisian oli. Jika volume oli masih di atas tanda minimal dan warna oli masih terang tandanya oli masih dalam keadaan yang bagus dan volume masih cukup.

Untuk memiliki kendaraan yang prima, selain memperhatikan oli mesin, selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK