NEWS
DETAILS
Selasa, 08 Aug 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Seiring usia sebuah sepeda motor manual,  pasti rantai akan menjadi kotor. Dan untuk memastikan  bahwa rantai kotor bisa terdeteksi dari bunyi berisik atau gerakannya yang semakin tidak lancar. 

Penyebab rantai motor berisik paling umum adalah karena kotor terutama setelah dipakai di jalanan berlumpur atau hujan. Hal ini bakal makin parah bila motor tak segera dicuci usai terpapar kotoran atau debu.

Masalah lain yang bisa bikin rantai berisik yaitu komponennya sudah aus karena pemakaian. Selain itu bisa juga lantaran rantai kendor, terlalu kering atau sudah karatan.  Pemilik motor manual bisa memulai perawatan dengan beberapa cara :

Pakai Sikat Gigi 

Ada tips  mudah  untuk merontokan semua kotoran ini, yakni dengan menggunakan  sikat gigi dan minyak tanah gosok   secara perlahan untuk merontokkan semua kotoran. 

Pakai Pelumas

Setelah rantai dibersihkan mulai aplikasikan pelumas. Sebaiknya menggunakan pelumas baru dan berkualitas, bukan yang bekas. Pelumas bisa dipakai untuk rantai yang sudah bersih, sebaiknya tak digunakan jika masih kotor karena akan menambah kotoran menempel.

Chain lube

Pelumas bukan satu-satunya alat buat merawat rantai, bisa  juga gunakan produk khusus rantai chain lube.

Fungsi chain lube  adalah juga untuk  melindungi rantai dari penumpuukan debu, sekaligus mengurangi suara bising dari gesekan rantai dan keausan atau penumpukan debu. 

Produk ini juga mampu melindungi gear dari karat. Anda hanya perlu menyemprotkannya secara merata sambil memutar rantai dengan cara menyalakan mesin lalu masukkan gigi satu.

Setel rantai

Di tengah pembersihan, pastikan rantai  tidak kendor.  Sesungguhnya rantaibisa  kendor  karena dua alasan yakni salah setel atau kurang perawatan. Pada umumnya logam pada rantai akan mengendur karena gaya tarik yang membuat rantai kelamaan lebih panjang.

Rantai kendur karena pemakaian adalah hal yang wajar, tetapi  hal ini tetap butuh perhatian. Nah, untuk mengencangkan rantai kendor, sebaiknya langsung ditangani  ahli  di bengkel. 

Silahkan kunjungi bengkel AHASS  terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK