NEWS
DETAILS
Selasa, 15 Aug 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Kaca Spion diciptakan untuk mempermudah pengemudi melihat sudut pandang yang sulit dijangkau ketika berkendara, sehingga membantu  pengendara ketika  saat akan berbelok, mundur, parkir, pindah jalur, dan lainnya. 

Karenanya  peran kaca spion sangat vital,  dan harus dirawat agar  selalu  terlihat bersih, agar  saat mengaca  di situ,  bisa terlihat jelas sudut pandang dengan jelas.

Spion merupakan komponen motor yang terletak  di kanan dan kiri dari setang. Karena itu, kaca spion tentunya sering terpapar sinar matahari, debu jalanan, air hujan, udara yang lembab, dan lainnya. Hal-hal itu menyebabkan spion motor sering menjadi kusam dan berjamur. Kondisi ini  langsung dan tidak langsung dapat membahayakan pengendara karena fungsinya terganggu.

Untuk  merawat spion motor terbebas dari kusam, bernoda ataupun berjamur  dan menjaganya tetap berkilau kinclong, ada tahapannnya 

1. Tahap awal, siapkan:

  • Air bersih
  • Cuka atau alcohol, yang ampuh untuk menghilangkan noda membandel.
  • Sabun
  • Lap bersih atau benda lain yang serupa seperti kain bersih yang sudah tak terpakai sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Sikat gigi yang tak digunakan  lagi untuk menyikat noda;

2. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 2:1 dalam wadah, kemudian larutkan. 

3. Celupkan lap bersih ke dalam larutan cuka dan air, biarkan beberapa saat hingga meresap.

4. Setelah larutan meresap ke dalam lap, usapkanlah lap pada permukaan kaca spion.

5. Selanjutnya, gosok permukaan kaca spion menggunakan sikat gigi hingga noda menghilang.

6.Untuk mendapatkan hasil maksimal, bersihkan permukaan kaca spion dengan sabun.

7. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

8. Terakhir, gunakan lap lainnya untuk mengeringkan permukaan kaca spion sambil dipijat atau ditekan agar sisa noda dapat terangkat. Dengan demikian, kaca spion motor Anda akan menjadi kinclong kembali.

Dengan merawat kebersihan kaca spion motor,  artinya kita telah melakukan salah satu upaya penyelamatan berkendara. Dengan kaca spion motor yang kinclong,  kapan pun mapun berbelok, mundur, parkir, pindah jalur, dan lainnya   In sya Allah bisa berjalan aman. 

Namun jika kaca spion mengalami  masalah lebih serius dari sekadar berdebu dan kusam,  dan juga memang sudah waktunya melakukan cek rutin kendaraan, silahkan kunjungi  bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS , agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK