NEWS
DETAILS
Selasa, 28 Nov 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Motor system injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap bahan bakar.  Fungsi fuel pump sangat  penting  karena berperan menyalurkan bensin ke injektor sesuai porsi dan menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.

Secara umum, fuel pump bisa bertahan hingga lima tahun jika digunakan secara normal. Artinya, selalu menjaga volume bensin tidak sampai kosong, setidaknya setengah tangki. 

Secara umum diyakini, fungsi Fuel pump motor bisa melemah karenakan usia pakai dan kebiasaan selalu membiarkan bensin dalam tangki sampai  kering  kerontang alias kosong. 

Namun, sesungguhnya penyebab rusaknya fuel  bukan semata-mata kesalahan karena sering membiarkan tangki bahan bakar hampir kosong. Kondisi tangki hampir kosong adalah faktor pendukung rusaknya fuel pump

Sedangkan penyebab utama adalah karena pada komponen tersebut terdapat sumbatan  dari endapan kotoran yang dikarenakan kualitas bensin yang tidak baik.

Sementara penyebab lain munculnya endapan pada tangka karena kendaraan tidak pernah dipakai, sehingga bahan bakar di dalamnya dibiarkan mengendap.

Selain karena faktor bensin dan endapan kotor, faktor umur juga bisa menjadi penyebabnya. Karena motor sering dipakai untuk waktu yang lama, tentunya komponen fuel pump menjadi buruk walaupun selalu memakai bahan bakar yang bagus. Pada akhirnya, komponen ini perlu diganti.

Jadi, penyebab utama dari rusaknya fuel pump adalah kualitas bahan bakar yang buruk serta cara pemakaian motor. Untuk menghidari kerusakan pada fuel pump, ada baiknya untuk memakai bensin berkualitas, serta memanaskan  motor secara rutin jika jarang dipakai.

Apabila terjadi tanda-tanda melemahnya fuel pump,  dan sudah jelas harus diganti, langsung tanpa ragu mintalah tenaga ahli untuk menanganinya. Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK