NEWS
DETAILS
Selasa, 30 Jan 2024 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Musim hujan telah tiba. Bagi setiap pengguna motor, bukan hanya wajib menyediakan payung, tapi juga menyelipkan jas hujan dalam jok bagasi.

Dengan menggunakan jas hujan pengendara motor bisa terlindungi dari guyuran hujan dan menjaga agar pakaian tetap kering, saat beraktivitas seusai berkendara. 

Namun,  penting untuk mengetahui  kekuatan dan kelemahan jas hujan sebelum digunakan sambil bermotor. 

Jas hujan ponco adalah jenis jas hujan dengan desain longgar dan biasanya dirancang tanpa lengan. Bentuknya menyerupai jubah besar dengan panjang hingga lutut atau bahkan mata kali. Ia memang berfungsi dapat melindungi tubuh dan pakaian dari hujan. Sangat praktis digunakan.

Namun, banyak peringatan yang menyebut untuk tida mengunakan jas hujan model ponco. Karena bisa memicu terjadinya kecelakaan meskipun penggunaanya lebih praktis.  Alih-alih melindungi pengendara dari hujan,  malah justru bisa mengancam keselamatan jiwanya.

Banyak berita yang menyebut beberapa kasus kecelakaan  bahkan sampai menyebabkan kematian  terjadi akibat  pengendaranya menggunakan jas hujan ponco. 

Ini  bermula karena bentuk jas hujan ponco yang menjulur sangat bisa terjerat oleh roda motor. Akibatnya, pengendara bisa terpelanting mendadak, dengan benturan yang cukup keras. 

Apalagi, ketika melewati jalan berkelok atau menyeberang,  jas yang menjulur itu  bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. 

Kalau sudah terjerat pasti jatuh. Karena itu sangat disaranakan  di saat musim jangan menggunakan jas hujan model ponco lagi. Ganti dengan model setelan,  atas bawah karena model ini  jauh lebih aman dan nyaman 

Sejatinya, jas hujan model ponco bukan untuk digunakan saat berkendara sepeda motor, melainkan untuk pejalan kaki. Melihat bentuknya, ujung terluar yang panjang bisa tersangkut rantai atau gir yang menyebabkan pengendara terjatuh saat berkendara.

Nah, berhati-hati  dalam mengenakan jas hujan ya. Dan ingat, jika sudah saatnya berkunjung ke bengkel AHASS segera lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal. 

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.***

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK