NEWS
DETAILS
Kamis, 08 Feb 2024 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Merawat cat pada bodi motor, terutama yang berwarna doff  kesannya gampang-gampang susah. Apakah benar begitu? 

Sebetulnya sih ngak juga. Asal tahu, cara  tepat dan melewati langkah-langkah penting  dalam menjaga warna doff itu. Seperti apa?  Ini tips merawat bodi sepeda motor supaya warna cat tak cepat pudar : 

1. Pakai Kain Halus

Setiap bagian motor sebaiknya menggunakan kain lap yang berbeda. Misalnya kain pencuci untuk bagian bagian roda dan mesin, bedakan  dengan bagian bodi motor. 

Tujuannya agar kotoran yang sudah menempel di lap karena membersihkan roda, tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor. Kotoran halus yang tetap menempel pada lap akan menimbulkan baret dan garis-garis halus pada cat motor. 

Permukaan cat doff lebih kasar dari cat metalik atau glossy sehingga dibutuhkan kain halus dan lembut agar tak membuat cat tergores atau baret. Ingat, lap bodi motor saat basah.

2. Jangan Langsung Pakai Kanebo 

Bodi motor berwarna doff yang kotor, jangan langsung dilap dengan kanebo atau kain microfiber. Kenapa?  karena kotoran dan debu yang bergesekan pada bodi bisa menimbulkan baret halus.

Sebaiknya siram  seluruh bodi motor dengan air lebih dulu, , beri sabun pencuci motor, bilas dengan air bersih dan baru dilap dengan kain microfiber atau kanebo.

3. Hindari Sabun Colek 

Wajib gunakanlah sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Jangan pakai sabun colek deterjen. Efeknya bisa bikin cat motor terlihat kusam. Salah menggunakan sabun cuci motor bisa membuat warna doff lebih mudah memudar atau kusam dibanding cat warna glossy. 

Sebaiknya pakai sabun atau shampo khusus, sebab ia memiliki kandungan PH netral yang tak mudah merusak lapisan cat.

4. Treatment Khusus 

Cairan poles wáter base lebih aman bagi cat berwarna doff dan tidak menimbulkan efek glossy. Karena itu, carilah cairan atau treatment khusus untuk motor warna doff.

Karena cairan khusus warna doff biasanya membuat permukaan doff semakin tebal sehingga tekstur doffnya jadi semakin terlihat.

Cara membedakannya obat poles berbahan dasar air dan minyak cukup mudah, rasakan perbedaannya dengan jari atau telapak tangan. Jika tangan terasa licin bisa dipastikan obat poles itu menggunakan bahan dasar minyak. Tapi jika tidak terasa licin dan cepat menguap, itu artinya obat poles tersebut menggunakan bahan dasar air.

Sekarang sudah paham kan, cara merawat cat pada bodi motor biar tetap  terlihat kinclong. Jangan lupa juga bawa motor kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik handal supaya motor selalu dalam kondisi optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.**

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK