NEWS
DETAILS
Selasa, 30 Apr 2024 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Jika rem pada motor bermasalah, maka risiko paling besar yang dihadapi di jalan  tentunya bajal terjadi kecelakaan. Dan kampas rem motor adalah salah satu bagian pada rem motor yang perlu dilakukan pengecekan secara teratur. 

Terlepas apakah motor tersebut menggunakan rem tipe tromol atau cakram, bagian kampas harus selalu dicek ketebalannya. Kampas rem motor berfungsi menekan piringan cakram atau dinding tromol untuk menghentikan laju motor. Karena terus bergesekan, bisa membuat kampas rem motor ini menjadi aus dan menipis. 

Pada saat kampas rem motor ini sudah tipis, pengereman dipastikan akan berjalan tidak maksimal dan membahayakan pengendara. Idealnya, kampas rem motor sebaiknya diganti jika  saat sudah menempuh jarak 32.000 km atau selama satu tahun. 

Namun hal ini juga tergantung pada medan dan lalu lintas yang dilalui. Semakin sering pengendara menggunakan rem, maka semakin cepat terjadinya aus pada kampas rem motor.

Seperti apa ciri-ciri kampas rem motor  yang harus diganti

Ada beberapa ciri-ciri  mudah yang menandakan kampas rem motor sudah tipis dan perlu dilakukan penggantian segera.  Smak dan perhatikan  tanda berikut ini: 

  • Jika  ada bunyi mendengung pada rem tromol dan berdecit pada rem cakram saat pengeremam
  • Apabila tuas rem perlu ditarik atau diinjak lebih kuat
  • Apabila terasa jarak pengereman semakin jauh
  • Sangat terasa rem jadi kurang pakem

Cara mudah cek kampas rem motor

Jika menemukan atau merasakan salah satu dari ciri-ciri kampas rem motor seperti di atas,  segera lakukan pengecekan untuk memastikan kondisinya masih layak dipakai atau tidak.

Berikut ini cara cek kampas rem motor, baik rem cakram maupun rem tromol:

Kampas rem cakram

  1. Tidak perlu membongkar perangkat pengereman motor tersebut, cukup melihatnya secara langsung. Hal ini dimungkinkan karena kondisi kampas rem cakram bisa dengan mudah dilihat dengan mata telanjang.
  2. Ada dua komponen kampas rem cakram, yakni dudukan dan kampasnya itu sendiri. Jika kampas mentipis, sebaiknya dilakukan penggantian dengan kampas baru. 
  3. Indikasi lainnya adalah jarak piston kaliper rem yang terlihat sangat renggang.
  4. Bersihkan sisa-sisa pengereman yang biasanya menempel pada bagian kampas rem cakram dengan menggunakan udara bertekanan tinggi atau mengelapnya dengan kain hingga bersih.

Kampas Rem Tromol

Berbeda dengan kampas rem cakram, untuk mengetahui ketebalan kampas rem tromol tidak bisa dilakukan dengan melihatnya secara langsung. Hal ini lantaran letak kampas rem tromol yang berada di dalam tromol.

Terdapat dua cara untuk melakukan pengecekan pada kampas rem tipe tromol, yakni 

1. Melalui indikator

Lihat indikator yang menunjukkan tingkat ketebalan kampas rem yang terdapat di bagian penarik rem (paha rem) tromol. 

Ada indikator berupa anak panah atau segitiga yang terdapat pada paha rem dan tromol. Pada saat dua indikator tersebut bertemu, itu tanda kampas rem sudah tipis.

2. Melepas tromol

Lepaskan tromol dari roda untuk bisa melihat ketebalan kampas secara langsung. Meski merepotkan, namun bisa terlihat kondisi kampas rem secara riil dan sekaligus bisa membersihkannya dari kotoran.

Fungsi rem pada motor sangat penting untuk memastikan berfungsi optimal, sebaiknya libatkan tenaga ahli. Jadwalkan perawatan di bengkel AHASS

Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal. Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK