NEWS
DETAILS
Kamis, 30 May 2024 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Rangka sepeda motor berkarat? Ini sih, bukan hanya jadi mengganggu penampilan dari motor itu sendiri, tetapi juga dapat mengakibatkan kerusakan serius, bahkan bisa mengakibatkan motor patah. 

Karat, sendiri bisa terjadi pada berbagai komponen sepeda motor. 

Lantas  pertanyaannnya mengapa  bisa terjadi karat pada motor? 

Karat adalah hasil dari proses kimia yang terjadi pada besi, yang menghasilkan iron oxide berupa noda berwarna merah kekuningan pada permukaan besi.  Proses ini utamanya disebabkan oleh paparan udara dan kelembaban. Namun, karat juga dapat dipicu oleh zat asam.

Untuk mencegah terbentuknya karat, produsen sepeda motor biasanya melapisi permukaan besi dengan cat pelindung. Namun,  biasanya seiring waktu berjalan, lapisan cat dapat mengalami goresan atau mengelupas. 

Ketika besi yang terlindungi cat terpapar udara, kelembaban, cairan, atau asam, karat dapat muncul dengan cepat. 

Jika karat dibiarkan, bisa menyebar ke area sekitarnya dan merusak rangka sepeda motor. Iron oxide yang terbentuk dari karat akan melemahkan besi, menjadikannya rapuh, dan akhirnya merusaknya.

Lantas mengapa Lapisan Cat pada motor bisa hilang?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hilangnya lapisan cat pada rangka sepeda motor. 

Pertama, paparan air laut yang mengandung tingkat garam yang tinggi. Karena sifatnya yang asam, rangka yang tidak tertutupi dengan baik oleh cat akan teroksidasi dan mengalami karat. 

Kedua, adanya uap atau tumpahan air aki juga dapat menjadi penyebab karat pada rangka sepeda motor.

Bagaimana Tips Mencegah Karat pada Rangka Sepeda Motor?

Untuk mencegah terbentuknya karat, penting untuk secara rutin memeriksa apakah ada lapisan cat yang mengelupas pada komponen besi sepeda motor. 

Jika ditemukan, segera lakukan pengecatan ulang untuk melindungi besi dari paparan langsung terhadap udara dan kelembaban. Ingatlah,  menjaga rangka sepeda motor dari karat adalah langkah penting dalam mempertahankan nilai dan performa sepeda motor.

Jadi, jangan sepelekan masalah karat pada rangka sepeda motor. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, rangka sepeda motor bisa tetap terawat dan tampilan yang menarik. 

Untuk  menjaga kondisi  motor tetap prima, selalu  lakukan  pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS,  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK