NEWS
DETAILS
Sabtu, 13 Jul 2024 16:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Kalau melihat indikator bahan bakar pada motormu terlihat sudah akan habis, apa yang akan dilakukan? Tancap gas atau memperlambat kecepatan?

Ini adalah pertanyaan umum yang sering terdengar. Dihimpun dari berbagai sumber, mengemudi terlalu cepat bukanlah cara yang tepat. Karena saat berkendara dengan kecepatan tinggi, mesin akan bekerja lebih keras dan terkena hambatan udara sehingga menyebabkan pemborosan bahan bakar.

Bahkan berkendara dengan kecepatan pelan juga bukan jawaban yang tepat. Berkendara terlalu lambat justru bisa membuat kendaraan lebih boros lagi karena mesin berputar pada putaran yang cukup tinggi sementara kecepatan sepeda motor rendah. Laju kendaraan tersebut tidak sesuai dengan jumlah putaran mesin, dan bahan bakar lebih banyak terpompa untuk setiap siklus rotasi.

Lantas bagaimana? Berkendaralah dengan kecepatan 40-60 km/jam secara stabil. Pilihan ini dianggap paling efisien dalam penggunaan bahan bakar. Maka jawabannya, jika motor nyaris habis bahan bakar, berkendaralah dengan kecepatan sedang jika ingin menghemat bahan bakar. Usahakan menjaga kecepatan konstan dan lebih perlahan ketika memutar gas. Cara ini diyakini dapat dilakukan jika ingin menghemat bahan bakar.

Nah, kalau kalian mau motor irit, bisa juga nih Honda Beat 2024 dilirik. Honda Beat merupakan motor matic yang irit dan responsif dengan penggunaan bahan bakar sekitar 60.6 KM/L pada WMTC Mode. Selain itu, Honda Beat 2024 dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti teknologi eSP (Enhanced Smart Power), ISS (Idling Stop System), dan ACG Starter yang membuatnya semakin efisien dan ramah lingkungan.

Dan sebaiknya, tetap lakukan perawatan motor secara rutin. Jadwalkan perawatan di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bisa bekerja secara optimal. Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan servis.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK